Thursday 5 August 2010

Heritage Corner >>> Kampung Sambongan Peninggalan Sejarah.




Dimana itu Kampung Sambongan? Saya yakin pasti banyak orang yang bertanya-tanya Dimana Kampung Sambongan berada. . Kawasan ini terletak di bagian utara pasar atom sampai jalan kembang Jepun. Kampung Sambongan mungkin masih terdengar asing di telinga kita, tapi coba kalau saya menyebut dengan Jalan Gula, Jalan Karet dan Jalan Kopi pasti banyak yang sudah mengenalnya. Saya mengambil potret sudut wilayah ini, karena saya tertarik dengan lingkungannya yang masih berbau jadul alias jaman dulu banget. Bangunannya pun masih tampak jelas bangunan bekas jaman penjajahan dulu yang masih original alias belum terenovasi. Bangunan di wilayah ini masih terlihat sangat kuno bila dibandingkan dengan bangunan-bangunan modern yang berdiri di kanan-kiri Jalan Gula.

Perkampungan ini banyak sekali diincar oleh pemburu foto alias para fotografer dikarenakan tempatnya yang unik dan memiliki nilai sejarah. Saya sendiripun juga tertarik dengan bangunan ini, saya sering melihat banyak beberapa pasangan calon pengantin yang melakukan foto pre-wedding di tempat ini. Selain itu banyak juga anak-anak muda, anak-anak sekolah yang sering mengabadikan foto mereka disini. Sungguh unik dan benar-benar wilayah heritage yang ada di kota Surabaya.

Kawasan ini dahulunya merupakan penginapan dan gudang kopi yang di duga milik Oei Sam Hong. Seorang saudagar kaya asal tiongkok dan di perkirakan hidup pada tahun 1800-an. Sambongan telah menjadi kampung urban sejak serbuan pendatang di era 1950-an, bahkan sulit untuk menemukan warga berdarah tionghoa disana. Hanya ada bebrapa bangunan lawas di gang yang biase dibilang cukup sempit ini karena lebarnya tak lebih dari 3 meter. Sam Hong, yang bernama asli Oei Sam Hong adalah seorang saudagar yang sangat berpengaruh. Kawasan ini sebelumnya di sebut SamHongan atau wilayah Sam Hong namun karena lidah jawa maka lama kelamaan menjadi Sambongan.

No comments:

Post a Comment