Wednesday 4 August 2010

Kalisosok yang Bersejarah



Mengapa saya mengambil potret sudut Jalan Kalisosok ini? Potret ini saya ambil sekitar dua bulan yang lalu, ketika saya sedang jalan-jalan bersama teman-teman saya. Kalisosok adalah sebuah daerah di Surabaya Utara, dekat dengan Kembang Jepun dan Rajawali. Tempat yang saya ambil sebagai potret ini adalah bekas sebuah penjara pada jaman penjajahan. Sebagai orang Surabaya mungkin kita semua sudah tahu tentang cerita sejarah kalisosok. Alasan saya mengambil potret ini, karena saya begitu tertarik tentang kisah sejarah di dalamnya, yang konon katanya tempat ini adalah bekas penjara yang digunakan sebagai tempat penahanan sejumlah tokoh kemerdekaan seperti Soekarno, Kiai Haji Mas Mansur, dan WR. Supratman. Menurut cerita orang-orang jaman dulu penjara ini juga digunakan sebagai tempat penganiayaan dan penyiksaan para pejuang Indonesia oleh bangsa Belanda. Dahulu Kalisosok ini terkenal dengan keangkerannya, dan kemudian pada saat setelah kemerdekaan penjara ini sudah mulai pudar pamornya.


Sekarang Penjara Kalisosok ini sangat jauh dari kesan menyeramkan, karena dinding luar penjara ini sudah digambari oleh para seniman kota dengan gambar-gambar yang menarik yang dihiasi berwarna-warni cat. Menurut pendapat saya, Pemerintah Kota bisa memanfaatkan bekas penjara Kalisosok dengan mengelola dan memenfaatkannya secara ekonomi atau bentuk lain seperti dibuat sebagai museum, Art Gallery, tempat pertemuan, hotel, restoran, atau lain sebagainya yang bisa meningkatkan sektor kepariwisataan kota Surabaya.

No comments:

Post a Comment