Wednesday 4 August 2010

Kekurangan dan Kelemahan Yang Saya Miliki Merupakan Kunci Utama Bagi Saya Untuk Menjadi Lebih Baik Lagi

Well, sejatinya kita semua sebagai manusia tentunya tak luput dari yang namanya kekurangan, akan tetapi kita pasti juga memiliki kelebihan untuk menutupi kekurangan tersebut. Disini saya sebagai manusia biasa pastinya saya juga memiliki bnyak kekurangan. Akan tetapi bagaimana cara saya mengaplikasikan kekurangan saya tersebut untuk bias menjadi kelebihan saya. Berikut ini saya akan menyebutkan kekurangan-kekurangan yang saya miliki, antara lain:

1. Mudah tersinggung
2. Mudah marah/emosi
3. suka telat
4. suka bingung dengan pilihannya sendiri
5. kurang percaya diri
dan tentunya masih banyak lagi kekurangan yang saya miliki.

Memanfaatkan kekurangan menjadi suatu kelebihan merupakan hal yang harus dimiliki oleh seseorang. Disini saya akan menjelaskan bagaimana cara saya untuk merubah kekurangan saya menjadi suatu kelebihan:

1. Belajar untuk mengenali potensi diri
Maksudnya adalah, saya belajar untuk mengenali diri saya sendiri, pertama saya harus mengenali apa saja kelebihan yang saya miliki, misalnya kelebihan saya adalah mampu berkomunikasi dengan baik terhadap siapa saja. Maksudnya disini saya bisa menjalin hubungan terhadap siapa saja hanya dengan melakukan komunikasi yang baik terhadap sesorang, Kelebihan ini mungkin bisa menutupi kekurangan saya seperti, saya selalu merasa kurang percaya diri apabila sedang menghadapi sesuati. Jadi, mungkin dengan adanya kemampuan berkomunikasi yang baik, saya bisa menutupi rasa ketidak percaya dirian saya dengan melakukan komunikasi dengan orang lain, sehingga orang yang saya ajak bicara tidak menyadari akan kekurangan saya tersebut.

2. Tetap Percaya diri dan fokus pada tujuan
Seperti yang saya jelaskan tadi, bahwa saya adalah tipe orang yang tidak percaya diri. Tapi maksud disini percaya diri dan fokus pada tujuan adalah, saya harus meningkatkan rasa percaya diri saya agar saya bisa mencapai tujuan yang saya inginkan. Apabila saya selalu merasa tidak percaya diri, maka saya rasa saya pun tidak akan bisa mencapai target yang kita maksud. Fokus pada tujuan disini maksudnya dengan saya mau untuk percaya diri dan fokus kepada tujuan, saya akan semakin terpacu untuk menjadi lebih baik dan hal tersebut justru akan memberikan nilai tambah bagi diri saya. Diatas saya sudah menyebutkan bahwa saya adalah tipe orang yang suka bingung akan pilihannya sendiri. Maka dari itu hal pertama yang harus saya lakukan adalah saya harus memantapkan atau memprioritaskan tujuan utama yang ingin dicapai dengan cara meningkatkan rasa percaya diri, yaitu percaya diri bahwa pilihan yang akan saya ambil ini adalah pilihan yang tepat.

3. Tidak menganggap bahwa kelemahan kita akan membuat kita menjadi tidak ada artinya, tetapi gali segala potensi yang ada di dalam diri dan berusaha untuk mengembangkan diri dengan mengemas dan menghargai diri sendiri dengan nilai yang setinggi-tingginya.
Kelemahan yang saya alami, tidak boleh menjadi penghambat di dalam hidup saya. Ketika saya hanya berdiam diri, mengeluhkan kelemahan saya dan bahkan merasa hidup sudah tidak ada artinya karena kelemahan yang saya derita, kita akan membuat diri saya semakin terpuruk dan potensi saya yang sesungguhnya tidak akan pernah tergali dan berkembang. Saya harus mau untuk aktif menggali potensi yang ada di dalam diri saya dan juga menghargai diri saya begitu tinggi. Dengan itu saya akan sanggup untuk merubah kelemahan menjadi kelebihan yang meningkatkan nilai jual saya dan juga produk atau jasa yang saya hasilkan. Saya juga harus bisa untuk mengemas dan menghargai diri saya dengan setinggi-tingginya. Mengemas dan menghargai diri saya dengan setinggi-tingginya bukan berarti saya menjadi angkuh atau sombong, tetapi saya yakin dengan kemampuan saya dan tidak memandang kelemahan saya. Dan dengan keyakinan tersebutlah saya akan terpacu untuk menggali potensi diri dan sanggup mengubah kelemahan saya menjadi suatu kelebihan yang akan semakin memberikan nilai jual yang tinggi bagi diri saya sendiri

Maka dari itu apabila kita terpuruk dalam kekurangan, maka selamanya kita tidak akan pernah menyadari kelebihan yang kita miliki.

No comments:

Post a Comment